Minggu, 12 Mei 2013

BIOS


BIOS SETUP UTILITY
Perkenalan
BIOS Setup Utility adalah catatan pengaturan dan informasi dari komputer Anda, seperti tanggal dan waktu, jenis perangkat keras yang terpasang dan berbagai pengaturan konfigurasi Bios. Komputer Anda menerapkan informasi untuk menginisialisasi semua komponen saat boot up dan fungsi dasar koordinasi antara komponen sistem.
Jika konfigurasi pengaturan Utilitas tidak benar, hal itu dapat menyebabkan sistem tidak berfungsi. Ia bahkan bisa menghentikan komputer Anda ketika boot dengan otomatif. Jika itu terjadi, Anda dapat menggunakan jumper CMOS jelas untuk mengosongkan memori CMOS yang menyimpan informasi konfigurasi, atau Anda dapat menekan tombol Page Up saat reboot komputer Anda. Menahan halaman tombol up juga membersihkan informasi setup.
Anda dapat menjalankan setup Utilitas dan manual mengubah konfigurasi. Anda mungkin perlu melakukan ini untuk mengkonfigurasi beberapa perangkat keras yang terpasang di atau terhubung ke motherboard, seperti CPU, memori sistem, hard drive, dll

Menjalankan setup utility
Setiap kali Anda memulai komputer Anda, akan muncul pesan di layar sebelum loading sistem operasi yang meminta Anda untuk "Hit DEL jika Anda ingin menjalankan SETUP". Setiap kali Anda melihat pesan ini, tekan tombol Delete, dan menu Halaman utama dari setup Utilitas muncul di monitor Anda. Jika secara manual clear CMOS, Anda harus menekan tombol F1 yang memasuki halaman menu utama dari setup Utility.
Anda dapat menggunakan tombol panah kursor untuk menyorot orang pilihan pada halaman menu utama. Tekan Enter untuk memilih opsi sorot. Tekan tombol Escape untuk meninggalkan utilitas pengaturan. Tekan + dan – untuk memilih pilihan.
Beberapa opsi pada halaman menu utama menyebabkan tabel item dengan nilai terpasang yang dapat Anda gunakan tombol panah kursor untuk menyorot satu item, dan tekan + dan - kunci untuk siklus nilai alternatif melalui barang tersebut. Pilihan lainnya pada halaman menu utama menyebabkan kotak dialog yang membutuhkan jawaban Anda Ok atau Cancel dengan memilih [Ok] atau [Cancel]
Jika Anda telah mengubah utilitas pengaturan, tekan F10 untuk menyimpan perubahan dan keluar utilitas. Prees F1 untuk menampilkan layar menjelaskan semua fungsi tombol. Prees F9 untuk menginstal utilitas setup dengan satu set nilai default.

STANDART CMOS Page Setup
Halaman ini menampilkan tabel item mendefinisikan informasi dasar tentang sistem Anda.
Sistem Waktu & tanggal Sistem
Item ini mengatur tanggal dan waktu sistem.
Primary IDE Master / Primary IDE Slave / Secondary IDE Master / Secondary IDE Slave
Komputer Anda memiliki satu saluran IDE dan masing-masing saluran dapat diinstal dengan satu atau dua perangkat (Master dan Slave). di samping itu, motherboard ini mendukung empat saluran SATA dan masing-masing saluran memungkinkan satu perangkat SATA yang akan diinstal. Gunakan item ini untuk mengkonfigurasi setiap device pada saluran IDE.
Floppy A / B
Item ini mengatur ukuran dan kapasitas disket floppy drive terinstal di sistem.
Advanced Page Setup
Halaman ini menetapkan informasi yang lebih maju tentang sistem Anda. Menangani halaman ini dengan cauton. Setiap perubahan dapat mempengaruhi pengoperasian komputer Anda.


Berbagi Ukuran Memori
Item ini memungkinkan Anda mengalokasikan sebagian dari memori utama untuk onboard layar applicaton VGA dengan tiga optons dari 16/2/64MB.
Quick Boot
Jika Anda mengaktifkan item ini, sistem mulai naik lebih cepat berada penghapusan beberapa kekuatan pada rutinitas tes.
1st booting device/2nd booting perangkat boot device/3rd
Gunakan item ini untuk menentukan urutan perangkat yang menggunakan komputer untuk mencari sistem operasi untuk memuat pada saat start-up.
Coba Perangkat Boot lainnya
Jika Anda mengaktifkan item ini, sistem juga akan meraih perangkat booting lain jika gagal untuk menemukan sebuah sistem operasi dari dua lokasi.
Boot-Up Num-Lock
Item ini menentukan apakah Lock Kunci Num aktif atau tidak aktif di sistem start up waktu.
Boot Untuk OS / 2> 64MB
Aktifkan item ini jika youre booting sistem operasi OS / 2 dan Anda memiliki lebih dari 64MB memori sistem terpasang.
Grafis Ukuran Win
Item ini mendefinisikan ukuran aperture jika Anda menggunakan adapter grafis.
DRAM CAS Latency #
Item ini menentukan operasi memori SDRAM CAS (coloumn addres strobe). Dianjurkan agar Anda meninggalkan item ini di nilai default. Pengaturan 2T membutuhkan memori yang lebih cepat yang specifially mendukung mode ini.
Kinerja Modus Pilih
Anda dapat mengaktifkan item ini untuk mencapai kinerja yang lebih baik, namun itu  diperlukan untuk menggunakan lebih baik DDR SDRAM pergi dengan fungsi ini.
MA Pilih IT/2T
Item ini menyesuaikan waktu IT/2T latency. Kami recommrended Anda untuk meninggalkan item ini di nilai default.
Auto detect DIMM / PCI
Ketika item ini memungkinkan, BIOS akan menonaktifkan sinyal clock gratis DIMM / PCI slot.
Spread Spectrum
Jika Anda mengaktifkan spektrum kecepatan itu significally dapat mengurangi EMI (Electro-Magnetic Interference) yang dihasilkan oleh sistem.
Max CPUID Batas Nilai
Ketika item ini diaktifkan, Anda dapat menggunakan Prescott CPU dan LGA-775 CPU dan akan ada instalasi normal NT4.0, jika tidak, secara otomatis restartng akan terjadi ketika menginstal.

Fitur Page Setup
Halaman ini menetapkan beberapa parameter untuk perangkat perifer terhubung ke sistem.
OnBoard Floppy Kontroler
Gunakan item ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan onboard floppy disk drive antarmuka.
Serial Port1 Address
Gunakan item ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan onboard COM1 port serial, dan untuk menetapkan alamat port.
OnBoard IR Port
Gunakan item ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan port inframerah dalam pesawat, dan untuk menetapkan alamat port.
Paralel Port Address
item ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan onboard LPTI1 port paralel, dan menetapkan alamat port. Pengaturan otomatis akan mendeteksi dan alamat yang tersedia
Parallel Port Mode
Gunakan item ini untuk mengatur mode port paralel. Anda dapat pilih Normal (Standard Parallel Port), ECP (Extended Capabilities Port), EPP (Enchanted Parallel Port), atau EPP & ECP.
ECP mode DMA Saluran
Gunakan item ini untuk menetapkan saluran DMA ke port paralel.
Port Paralel IRQ
Gunakan item ini untuk menetapkan IRQ ke port paralel.
OnBoard PCI IDE controller
Gunakan item ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan onboard PCI IDE Channel.
Perangkat Audio
item ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan chip audio AC'97.
MODEM Perangkat
Item ini mengaktifkan atau menonaktifkan chip modem MC'97
Ethernet Device
Item ini mengaktifkan atau menonaktifkan onboard Ethernet LAN.
Fungsi OnBoard USB
Aktifkan pilihan ini jika Anda berencana untuk menggunakan port USB pada motherboard ini.
Fungsi USB Untuk DOS
Aktifkan pilihan ini jika Anda berencana untuk menggunakan port USB pada motherboard ini dalam lingkungan DOS.
Power Management Page Setup
Halaman ini menetapkan beberapa parameter untuk sistem operasi manajemen daya.
ACPI Sadar O / S
Kali ini mendukung ACPI (Advanced konfigurasi dan Power Management Interface) menggunakan item ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ACPI.
Power Management
Gunakan item ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan skema manajemen daya. Jika Anda mengaktifkan operasi manajemen daya. baik APM dan ACPI didukung.
Suspend Time Out
Item ini set up timeout untuk modus suspend dalam hitungan menit. Jika waktu yang dipilih lewat tanpa aktivitas sistem, komputer akan memasuki mode Suspend hemat daya.
Dilanjutkan pada RTC Alarm
Sistem ini dapat dimatikan dengan perintah perangkat lunak. Jika Anda mengaktifkan item ini, sistem secara otomatis dapat melanjutkan pada waktu yang tetap berdasarkan sistem RTC (jam realtime). Gunakan item di bawah ini untuk mengatur tanggal dan waktu alarm bangun. Anda harus menggunakan power supply ATX untuk menggunakan fitur ini.


Keyboard Power On
Jika Anda mengaktifkan item ini, sistem secara otomatis dapat melanjutkan dengan menekan tombol apapun, hot key, tombol daya pada keyboard, atau mengetikkan password. Anda harus menggunakan power supply ATX untuk menggunakan fitur nya.
LAN / Cincin Power On
Sistem ini dapat dimatikan dengan perintah perangkat lunak. Jika Anda mengaktifkan item ini, sistem secara otomatis dapat melanjutkan jika ada panggilan masuk pada modem / Cincin, atau lalu lintas pada adaptor jaringan. Anda harus menggunakan power supply ATX untuk menggunakan fitur ini.

PCI / PLUG and Play Page Setup
Halaman ini menetapkan beberapa parameter untuk nasihat dipasang pada bus PCI dan mereka utillizing steker sistem dan kemampuan bermain.
Primary Graphics Adapter
Item ini menunjukkan jika adapter grafis primer menggunakan PCI atau AGP bus.the standar PCI pengaturan masih memungkinkan pekerjaan display onboard dan memungkinkan penggunaan kartu layar kedua dipasang di slot AGP.
Mengalokasikan IRQ ke VGA PCI
Jika item ini memungkinkan, IRQ akan bw assisgned ke sistem PCI VGA grafis. Anda menetapkan nilai ini ke Tidak untuk membebaskan IRQ.
PCI IDE Busmaster
Item ini mengaktifkan atau disab.es DMA bawah mode DOS. Kami merekomendasikan Anda untuk meninggalkan item ini di nilai default.

Fitur Keamanan BIOS Page Setup
Halaman ini membantu Anda menginstal atau mengubah password.
Supervisior Sandi
Item ini menunjukkan apakah password supervisior telah ditetapkan. Jika password telah diinstal, nstalled display. Jika tidak, Tidak terpasang display.
Ubah Supervisior Sandi
Anda dapat memilih opsi ini dan tekan <enter> untuk acces sub menu. Anda dapat menggunakan sub menu untuk mengubah Sandi Supervisior.

CPU PnP Page Setup
Halaman ini membantu Anda secara manual mengkonfigurasi mainboard karena dia CPU. Sistem tersebut akan secara otomatis mendeteksi jenis CPU yang terpasang dan membuat penyesuaian sesuai dengan item pada halaman ini.
pembuatan
Item ini menunjukkan merek CPU terinstal di sistem anda
Auto Detect CPU dan DRAM freque
Ketika item ini memungkinkan, maka secara otomatis mendeteksi dan menunjukkan frekuensi memori CPU dan DRAM diinstal dalam sistem Anda, bila dinonaktifkan, dapat menyesuaikan frekuensi CPU dan memori DRAM.
Pengaturan frekuensi CPU
Item ini menunjukkan frekuensi CPU yang terpasang di sistem anda.
DRAM frekuensi
Item ini menunjukkan frekuensi DRAM di sistem anda.

Hardware Monitor Halaman
Halaman ini menetapkan beberapa parameter untuk fungsi hardware monitoring dari Motherboard ini.
CPU / Sistem Suhu
 Item ini menampilkan pengukuran tempeature sistem
FANS & Pengukuran Tegangan
Item ini menunjukkan kecepatan kipas pendingin dalam RPM dan berbagai pengukuran tegangan sistem.


Muat Default Optemal
Pilihan ini akan membuka kotak dialog untuk menanyakan apakah Anda yakin untuk menginstal default dioptimalkan atau tidak. Anda pilih [OK], dan kemudian prees <Enter>, beban setup Utilitas semua nilai default,. Atau pilih nilai [Batal], kemudian tekan Enter, yang utiliy Setup tidak memuat default.
Simpan Perubahan dan Keluar
Sorot pers ini <Enter> itemand untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat dalam Setup Utility configuration.When Perubahan save dan kotak dialog Exit muncul, pilih [OK] untuk menyimpan dan Exit, atau pilih [Batal] untuk kembali ke menu utama menu
Perubahan Discrad dan Keluar
Menyoroti item ini dan prees <Enter> untuk membuang perubahan yang telah Anda buat dalam Setup Utility dan keluar dari Setup Utility, Ketika Perubahan membuang dan kotak dialog Exit muncul, pilih [OK] untuk membatalkan perubahan dan keluar, atau pilih [Batal ] untuk kembali ke menu utama
Catatan: jika Anda telah membuat pengaturan yang Anda tidak ingin menyimpan, menyimpan menggunakan "Buang Perubahan dan Keluar" item, lalu pilih [OK] untuk membatalkan perubahan apapun yang telah Anda buat.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates